Jumat, 16 Desember 2016

Permainan Tradisional BIMA NTB yang Efketif untuk anak



·         Permainan Tradisional Bima ( Mpa’a kolo )
Ø  Alat yang dibutuhkan  :
-          Bola tenis / gulungan kertas yang diikat dengan gelang karet.
-          5 potong genteng bekas.


 

·         Cara bermain :
5 potong genteng bekas yang di susun / ditumpuk pemain yang aktif pertama regu A akan berusaha merobohkan kastil lawan dengan menggelindingkan bola dari jarak 2 meter.
Apabila 5 potongan genteng roboh, regu A akan bergegas berlarian karena regu B yang berjaga akan menggunakan bola itu untuk melemparkan kearah lawan ( regu A ).Pemain di nyatakan menang apabila mereka berhasil menyusun kembali 5 potong genteng bekas yang mereka robohkan tanpa sekalipun terkena hantaman bola dan regu penjaga ( B ).
Pemain ini kendati sederhana tetapi syarat akan strategi bermain , biasanya regu penjaga akan menyamar posisi bola agar peranan tidak mengetahui pada siapa bola berada.
·         Analisi motorik yang berkembang :
Motorik kasar dan halus
-          Motorik kasar yang berkembang pada permainan ini ketika anak berlari,melomcat untuk menghindari pukulan bola dari regu penjaga ( regu B )
-          Motorik halusnya ketika anak mengenggam bola untuk di gelendingkan dan dilempar kepada regu A.
·         Analisis komponen kebugaran :
1.      Daya tahan, dalam mempergunakan sistem jantung , paru – paru , dan peredaran darahnya seperti pada anak yang berlari ketika ingin dilemparkan bola.
2.      Daya otot, kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu sependek – pendeknya. Seperti anak meloncat ke atas ketika regu penjaga mencoba mengarahkan bola ke kaki lawan.
3.      Ketepatan , dalam mengendalikan gerak – gerik bebas terhadap suatu sasara. Seperti anak melempar tepat pada lawan regu A.
4.      Reaksi kemampuan seseorang dalam bertindak secepatnya untuk menanggapi rangsangan yang ditimbulkan lewat indra. Seperti menangkap bola  yang di oper sesame regu dan menangkap bola tenis yang di lempar ke kanan dank e kiri oleh orang lain.
·         Manfaatnya :
1.      Anak dapat mengembangkan aspek – aspek pertumbuhan dan perkembangan, motorik halus dan kasar.
2.      Anak mampu berkosentrasi dan melatih ke kompakkan.



















KRITIK DAN SARAN
upin ( kelompok 4 )
-          Membuat anak bingung
-          Penjelasannya bagus detail , dan jelas yaitu tentang permainan tradisional
 
Ika ( kelompok 1 )
Motorik yang digunakan sudah tetap, karena umumnya sudah mampu untuk melakukan permainan
 
                                                             








Mita ( Kelompok 2 )
-          Menjelaskannya jelas
-          Melatih konsentrasi anak untuk bergerak lincah
-          kreatif

 

Kelompok 5 ( Vita )
-          Penjelasannya jelas
-          Permainan menggunkan motorik halus dan kasar
-          kreatif
 



Kelompok 9 ( caca )
-          Penjelasannya jelas dan teratur.
-          Kurang efektif karena arah punya batas konsentrasi

 

Kelompok 4 ( Al Banjari )
Dalam menjelaskan bagus dan teratur. Akan tetapi,menurut saya dalam permainan penuh dengan konsentrasi
 



Kelompok 8 ( Rasyada )
-          Penjelasannya sangat baik.
-          Permainan yang dipilih sangat kraetif dan membuat anak bergerak semua
 

Kelompok 2 ( Margaretha )
-          Aturan mainnya akan membuat anak bingung
-          Melatih kognitif anak untuk berpikir
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar