RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
TKAL-AAZZAM
TAHUN
AJARAN 2016
Sem/Bulan/MG
ke
|
:
|
I/AGUSTUS/3
|
|
Hari/Tanggal
|
:
|
Senin,
....................
|
|
Kelompok
Usia/Kel
|
:
|
4-5 tahun/A
|
|
Tema/Sub Tema
Kompetensi
Dasar
|
:
:
|
Ramadhan/Puasa
Ramadhan
1.2, 2.7,
2.11, 3.1-4.1, 3.3-4.3, 3.4-4.4, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.11-4.11, 3.15-4.15, (1),
(6)
|
|
Materi
|
:
|
- Mengucapkan
keagungan Tuhan (NAM)
- Cara
menahan diri untuk marah (Sosem)
- Cara
menghadapi situasi berbeda (Sosem)
- Cara
beribadah sesuai hari besar agama (NAM)
- Kekuatan
tubuh, kelenturan jari-jari (FM)
- Pola
makan sehat (FM)
- Warna
(merah, biru, kuning), bentuk 2 dimensi (segitiga, persegi) (Kognitif)
- Kegiatan
orang-orang (pagi, siang, malam) (Kognitif)
- Menceritakan
kejadian (Bahasa)
- Aktivitas
seni (Seni)
- Mempercayai
Tuhan melalui sifat-sifat Tuhan (PAI)
- Menyampaikan
hal-hal yang terkait dengan organisasi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (KK)
|
07.30-08.00
ü
Berbaris di halaman
ü
Upacara Bendera
08.00-08.30
ü Kegiatan
Materi Pagi
No
|
Kegiatan
|
Alat, Bahan
dan Sumber
|
1.
|
Duduk melingkar, berdoa sebelum belajar,
salam
|
|
2.
|
Mengabsen dan menanyakan kabar anak
|
|
3.
|
Tadarus membaca surat pendek bersama
|
Buku Materi Pagi
|
4.
|
Bercerita tentang awal mula puasa
Ramadhan
Cerita tentang organisasi Muhammadiyah
|
Surat Al Baqarah ayat 136-138
Buku ‘Aku cinta Muhammadiyah’
|
5.
|
Tanya jawab tentang puasa Ramadhan
|
|
6.
|
Doa penutup majelis, salam
|
ü
Minum dan toilet training
08.30-10.00
ü Pembukaan
·
Duduk melingkar, doa mau belajar, salam
·
Menyanyikan lagu “Puasa”
·
Tanya jawab tentang tata cara puasa Ramadhan dan
manfaat puasa
·
Menyampaikan kegiatan main
·
Membangun aturan main bersama
·
Transisi sebelum main : mencari benda berwarna
merah yang ada di dalam kelas
ü Inti
No
|
Kegiatan
Main
|
Alat dan
Bahan
|
1.
|
Menjilak tulisan اَالصِيَا مُ
|
Kertas tulisan اَالصِيَا مُ
, plastik mika, spidol warna merah, biru, kuning, gunting, cetakan geometri,
lem
|
2.
|
Menyusun geometri menjadi bentuk masjid
|
Cetakan bentuk geometri, kertas lipat
warna merah, kuning, biru, spidol, kertas lipat, gunting, lem
|
3.
|
Bermain dadu dan manik-manik
|
Dadu angka, manik-manik warna merah,
biru, kuning, kartu kata tentang puasa, kertas, spidol
|
4.
|
Bermain air 3 warna
|
Bak air berisi 3 warna air (merah, biru,
kuning), botol ukuran 1-5, kertas, spidol
|
·
Guru mencatat perkembangan anak
·
Guru memperkuat bahasa anak saat bermain
·
Guru membantu anak yang membutuhkan bantuan
10.00-10.15
ü EVALUASI
·
Membereskan alat main yang digunakan
·
Duduk melingkar
·
Tanya jawab tentang pengalaman main anak
·
Diskusi tentang perilaku yang muncul saat
bermain
10.15-10.30
ü Istirahat
·
Bermain outdoor atau indoor
·
Cuci tangan
10.30-11.00
ü Kegiatan
Akhir/PENUTUP
·
Duduk melingkar, berdoa sebelum makan
·
Makan snack, berdoa sesudah makan
·
Menginformasikan kegiatan esok hari
·
Berdo’a,
pulang
Rencana Penilaian
1. Indikator
penilaian
Program
Pengemb
|
KD
|
Indikator
|
Nilai Agama dan Moral
|
1.1
3.1-4.1
|
·
Anak terbiasa mengucapkan pujian terhadap
keagungan Tuhan
·
Anak mengenal ibadah puasa
|
Fisik Motorik
|
3.3-4.3
3.4-4.4
|
·
Anak dapat melakukan gerakan yang melatih
kekuatan dan kelenturan jari-jarinya
·
Anak mengenal pola makan yang sehat
|
Sosem
|
2.7
2.11
|
·
Anak dapat menahan diri saat marah
·
Anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
berbeda
|
Kognitif
|
3.6-4.6
3.7-4.7
|
·
Anak mengenal warna primer (merah, biru,
kuning) dan mengenal bentuk geometri
·
Anak mengenal kegiatan saat puasa di pagi,
siang dan malam hari
|
Bahasa
|
3.11-4.11
|
·
Anak dapat bercerita tentang pengalaman main
|
Seni
|
3.15-4.15
|
·
Anak dapat membuat suatu hasil karya
|
PAI
|
(1)
|
·
Anak mengenal Asmaul Husna dan Kalimat
Thoyyibah
|
Ke’Aisyiyahan dan KeMuh
|
(6)
|
·
Anak mengenal ibadah sesuai HPT
|
2. Teknik
pengumpulan data penilaian
yang akan digunakan :
·
Catatan Anekdot
·
Skala Capaian Perkembangan
·
Hasil karya
Yogyakarta,
................................
Mengetahui
Kepala TK ABA
.................. Guru
Kelas
............................................ ....................................................
NBM.
................... NBM.
......................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar