Jumat, 16 Desember 2016

Nah Ini RPPHny



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
TKAL-AAZZAM
TAHUN AJARAN 2016

Sem/Bulan/MG ke
:
 I/AGUSTUS/3
Hari/Tanggal
:
Senin, ....................
Kelompok Usia/Kel
:
4-5 tahun/A
Tema/Sub Tema
Kompetensi Dasar
:
:
Ramadhan/Puasa Ramadhan
1.2, 2.7, 2.11, 3.1-4.1, 3.3-4.3, 3.4-4.4, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.11-4.11, 3.15-4.15, (1), (6)
Materi
:
-      Mengucapkan keagungan Tuhan (NAM)
-      Cara menahan diri untuk marah (Sosem)
-      Cara menghadapi situasi berbeda (Sosem)
-      Cara beribadah sesuai hari besar agama (NAM)
-      Kekuatan tubuh, kelenturan jari-jari (FM)
-      Pola makan sehat (FM)
-      Warna (merah, biru, kuning), bentuk 2 dimensi (segitiga, persegi) (Kognitif)
-      Kegiatan orang-orang (pagi, siang, malam) (Kognitif)
-      Menceritakan kejadian (Bahasa)
-      Aktivitas seni (Seni)
-      Mempercayai Tuhan melalui sifat-sifat Tuhan (PAI)
-      Menyampaikan hal-hal yang terkait dengan organisasi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (KK)


07.30-08.00
ü  Berbaris di halaman
ü  Upacara Bendera
08.00-08.30
ü  Kegiatan Materi Pagi
No
Kegiatan
Alat, Bahan dan Sumber
1.
Duduk melingkar, berdoa sebelum belajar, salam

2.
Mengabsen dan menanyakan kabar anak

3.
Tadarus membaca surat pendek bersama
Buku Materi Pagi
4.
Bercerita tentang awal mula puasa Ramadhan
Cerita tentang organisasi Muhammadiyah
Surat Al Baqarah ayat 136-138
Buku ‘Aku cinta Muhammadiyah’
5.
Tanya jawab tentang puasa Ramadhan

6.
Doa penutup majelis, salam


ü  Minum dan toilet training
08.30-10.00
ü  Pembukaan
·         Duduk melingkar, doa mau belajar, salam
·         Menyanyikan lagu “Puasa”
·         Tanya jawab tentang tata cara puasa Ramadhan dan manfaat puasa
·         Menyampaikan kegiatan main
·         Membangun aturan main bersama
·         Transisi sebelum main : mencari benda berwarna merah yang ada di dalam kelas
ü  Inti
No
Kegiatan Main
Alat dan Bahan
1.
Menjilak tulisan اَالصِيَا مُ
Kertas tulisan اَالصِيَا مُ , plastik mika, spidol warna merah, biru, kuning, gunting, cetakan geometri, lem
2.
Menyusun geometri menjadi bentuk masjid
Cetakan bentuk geometri, kertas lipat warna merah, kuning, biru, spidol, kertas lipat, gunting, lem
3.
Bermain dadu dan manik-manik
Dadu angka, manik-manik warna merah, biru, kuning, kartu kata tentang puasa, kertas, spidol
4.
Bermain air 3 warna
Bak air berisi 3 warna air (merah, biru, kuning), botol ukuran 1-5, kertas, spidol

·         Guru mencatat perkembangan anak
·         Guru memperkuat bahasa anak saat bermain
·         Guru membantu anak yang membutuhkan bantuan
10.00-10.15
ü  EVALUASI
·         Membereskan alat main yang digunakan
·         Duduk melingkar
·         Tanya jawab tentang pengalaman main anak
·         Diskusi tentang perilaku yang muncul saat bermain
10.15-10.30
ü  Istirahat
·         Bermain outdoor atau indoor
·         Cuci tangan
10.30-11.00
ü  Kegiatan Akhir/PENUTUP
·         Duduk melingkar, berdoa sebelum makan
·         Makan snack, berdoa sesudah makan
·         Menginformasikan kegiatan esok hari
·         Berdo’a, pulang







Rencana Penilaian
1.       Indikator penilaian
Program Pengemb
KD
Indikator
Nilai Agama dan Moral
1.1
3.1-4.1
·   Anak terbiasa mengucapkan pujian terhadap keagungan Tuhan
·   Anak mengenal ibadah puasa
Fisik Motorik
3.3-4.3

3.4-4.4
·   Anak dapat melakukan gerakan yang melatih kekuatan dan kelenturan jari-jarinya
·   Anak mengenal pola makan yang sehat
Sosem
2.7
2.11
·   Anak dapat menahan diri saat marah
·   Anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan berbeda
Kognitif
3.6-4.6

3.7-4.7
·   Anak mengenal warna primer (merah, biru, kuning) dan mengenal bentuk geometri
·   Anak mengenal kegiatan saat puasa di pagi, siang dan malam hari
Bahasa
3.11-4.11
·   Anak dapat bercerita tentang pengalaman main
Seni
3.15-4.15
·   Anak dapat membuat suatu hasil karya
PAI
(1)
·   Anak mengenal Asmaul Husna dan Kalimat Thoyyibah
Ke’Aisyiyahan dan KeMuh
(6)
·   Anak mengenal ibadah sesuai HPT

2.       Teknik pengumpulan data penilaian yang akan digunakan :
·         Catatan Anekdot
·         Skala Capaian Perkembangan
·         Hasil karya


Yogyakarta, ................................
Mengetahui
Kepala TK ABA ..................                                                      Guru Kelas

............................................                                                  ....................................................
NBM. ...................                                                                       NBM. ......................















Tidak ada komentar:

Posting Komentar